tugas imk tgl 23 juni 2022
Nama : Aloysius Erik
Nim : 19200185
Mata kuliah : interaksi manusia dan komputer
Jawaban pg
1. D. Keyboard Klockenberg
2. A. Keyboard Dvorak
3. B. Image Scanner
4. E. Image Scanner
5. C. Alfabet
Resume Piranti Interaktif
Piranti Interaktif dalam Interaksi Manusia dan Komputer – Di dalam konteks
IMK, sebuah piranti memungkinkan suatu komunikasi antara manusia dan
komputer dengan melalui beberapa saluran komunikasi.
Pada komputer, Data yang diolah dan juga disimpan dalam bentuk digital
maupun bilangan biner. Digital hanya mengenal 2 nilai (1 dan juga 0; benar dan
juga salah; atau on dan juga off). Setiap nilai (1 dan 0) disebut dengan bit
(binary digit), bilangan yang terdiri dari 8 bit = byte.
Piranti Input
Piranti Input Keyboard
Piranti input keyboard adalah papan ketik yang terdiri dari tombol-tombol, di
fungsikan untuk memasukan perintah.
Jenis-jenis Keyboard :
• Keyboard QWERTY
• Keyboard Dvorak
• Keyboard Alphabetic
- Keyboard QWERTY
QWERTY adalah salah satu jenis tata letak tombol-tombol pada
keyboard. Tata letak QWERTY ini pertama kali digunakan pada sebuah
mesin ketik buatan E. Remington pada tahun 1874. Dinamakan demikian
karena tombol-tombol huruf Q, W, E, R, T, dan Y berada secara berurutan
seperti terlihat dalam baris paling atas dari papan ketik ini (yaitu yang
dipakai pada kebanyakan keyboard komputer saat ini).
Keyboard Qwerty ini terdiri dari 4 bagian yaitu:
• Tombol fungsi (function key)
• Tombol alphanumerik (alphanumerik key)
• Tombol kontrol (control key)
• Tombol numerik (numerik keypad).
- Keyboard Dvorak
Dvorak adalah sebuah tata letak papan ketik yang dipatenkan tahun
1936 oleh August Dvorak (seorang profesor dan psikolog pendidik di
University of Washington di Seattle) dan William Dealey.
- Keyboard Alphabetic
Keyboard Alphabetic adalah keyboard yang penyusunan huruf nya
berurutan seperti pada urutan alphabet. Tetapi keyboard alphabetik ini tidak
dapat menyaingi popularitas tata letak QWERTY, yang biasanya hanya
ditemui pada mainan anak-anak, sehingga anak-anak dimana fungsinya
sebagai bahan belajar mengenal huruf alphabet.
B . Piranti Penunjuk/ Pengambil
Piranti penunjuk atau pengambil ini adalah piranti untuk dapat menempatkan
kursor pada suatu posisi pada monitor dan mengambil suatu item informasi
untuk dapat dipindah ke tempat lain.
- Mouse
Peranti penunjuk yang digunakan untuk memasukkan data dan perintah
ke dalam komputer selain papan ketik. Mouse memperoleh nama demikian
karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus
Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart
berbahan dasar kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi
dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan
Mouse yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, Mouse ini
dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).
Bentuk Mouse yang paling umum mempunyai dua tombol utama,
masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan.
Mouse modern umumnya dilengkapi dengan tombol scroll yang juga dapat
ditekan sebagai tombol ketiga. Walaupun demikian, komputer-komputer
berbasis Macintosh biasanya menggunakan Mouse satu tombol.
Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang
menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak
menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optis untuk mendeteksi
gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel,
baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.
- Joystick
Alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke
segala arah. Alat ini dapat mengirim sinyal arah sebesar dua atau tiga
dimensi ke komputer. Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk
memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
- Trackball
Peranti penunjuk yang berupa sebuah bola yang berada di dalam sebuah
alat yang memiliki sensor gerakan. Trackball umumnya terdapat pada mouse
modern. Trackball menyimulasikan pergerakan vertikal mouse, sehingga
pengguna tidak perlu menggerakkan mouse berulang kali untuk dapat
menaikkan atau menurunkan layar.
- Trackpoint
Trackpoint adalah joystick kecil yang digunakan sebagai alat penunjuk
yang biasanya dipasang secara terpusat di keyboard komputer. Seperti
perangkat penunjuk lainnya seperti mouse, touchpads, atau trackball,
perangkat lunak sistem operasi menerjemahkan manipulasi perangkat
menjadi gerakan penunjuk atau kursor pada monitor. Tidak seperti alat
penunjuk lainnya, alat ini bereaksi terhadap gaya atau regangan yang
dipertahankan daripada gerakan kasar, jadi alat ini disebut alat penunjuk
"isometrik" .
- Light Pen
Peranti masukan komputer dalam bentuk pena yang digunakan bersamaan
dengan perangkat komputer CRT TV atau monitor. Hal ini memungkinkan
pengguna menunjuk objek yang ditampilkan, atau menggambar pada layar,
mirip dengan layar sentuh tetapi dengan keakurasian posisi lebih tinggi.
C. Panel Sentuhan
Panel sentuhan merupakan peranti interaktif yang bekerja dengan cara
mendeteksi ada atau tidak sentuhan tangan atau stylus (alat sentuh) yang
langsung ke layar.
- Touchscreen
Sebuah perangkat input komputer yang bekerja dengan adanya sentuhan
tampilan layar menggunakan jari atau pena digital. Antarmuka layar sentuh,
di mana pengguna mengoperasikan sistem komputer dengan menyentuh
gambar atau tulisan di layar itu sendiri, merupakan cara yang paling mudah
untuk mengoperasikan komputer dan kini semakin banyak digunakan dalam
berbagai aplikasi.
D. Pengolah Tampilan
Pengolah tampilan (display processor) atau video display adapter adalah
bagian yang mengubah polabit dari pengingat digital menjadi tegangan
analog, yang selanjutnya akan membangkitkan elektron yang digunakan
untuk menembak fosfor pada layar tampilan.
- Monitor Catoda Ray Tube (CRT)
Monitor ini merupakan monitor yang mempunyai tabung yang
memproduksi elektron untuk menembak layar, sehingga tercipta gambar di
layar seperti cara kerja televisi. Monitor ini memakai port 15 pin dengan 3
baris.
- Monitor Liquid Crystal Display (LCD)
Cara kerja monitor ini adalah dengan memberikan stimulasi arus listrik
dari luar kepada luquid crystal (materi bipheny). Sehingga akan mengubah
properti dari cahaya yang dilewatkan crystal.
- MONITOR TFT LCD
Berupa Liquid Crystal yang diisikan diantara dua pelat gelas, yaitu colour
filter glass dan TFT glass. Colour filter glass mempunyai filter warna yangbertugas memancarkan warna, sedangkan TFT glass mempunyai thin film
transistor sebanyak pixel yang ditampilkan. Liquid crystal bergerak sesuai
dengan perbedaan voltase antara colour filter glass dengan TFT glass.
Jumlah cahaya yang dipasok oleh back light ditentukan oleh jumlah
pergerakan liquid crystal yang pada gilirannya akan membentuk warna.
Comments
Post a Comment